iDebKu adalah Indeks Dana Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.
Layanan ini dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan OJK.
OJK merupakan lemabaga pengawas dan pengatur keuangan di Indonesia.
Mereka membuat layanan iDebKu sebagai inisiatif untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.
Lantas, apa saja manfaat iDebKu dan bagaimana cara menggunakannya?
Pada artikel ini, kami akan membahas manfaat serta langkah-langkah menggunakan iDebKu, wajib diperhatikan!
Ini lah, 3 Manfaat iDebKu:
1. Sumber Informasi Terpercaya
Manfaat pertama adalah layanan ini menyediakan sumber informasi yang terpercaya tentang dana pendidikan dan pelatihan keuangan di Indonesia.
Informasi ini berisi berbagai aspek, seperti resiko, kebijkan investasi, dan sebagainya.
Dengan mengakses data ini, diharapkan masyarakat dapat membuat keputusan keuangan dengan lebih bijak dan cermat.
Keterbukaan informasi yang diberikan OJK memungkinkan peserta untuk dapat memilih dana yang sesuai dengan tujuan keuangan mereka.
2. Perlindungan Konsumen dan Pengelolaan Resiko
Manfaat selanjutnya adalah perlindungan konsumen serta pengelolaan resiko.
OJK memastikan adanya perlindungan konsumen melalui regulasi dan pengawasan yang ketat yang berhubungan dengan keuangan.
Hal ini tentunya akan menciptakan kepercayaan terhadap masyarakat kepada sistem keuangan.
Layanan ini juga dapat memberikan perlindungan yang diperlukan terhadap potensi penipuan atau scam.
Layanan OJK tersebut juga memiliki peran penting dalam membantu masyarakat dalam mengelola resiko keuangan mereka.
Dengan memberikan informasi yang lengkap dengan resiko investasi, mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik.
Karena telah memiliki pengetahuan dan dapat mengelola ekspetasi mereka terhadap investasi.
3. Sistem Keuangan Nasional Lebih Stabil
Manfaat selanjutnya adalah dengan adanya layanan OJK, maka akan membuat sistem keuangan nasional menjadi lebih stabil.
Layanan ini tidak hanya bermanfaat bagi individu, namun juga memiliki dampak yang baik terhadap sistem keuangan nasional.
Dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat dengan baik tentang investasi, resiko, serta produk-produk keuangan.
Berarti OJK telah membantu menciptakan lingkungan keuangan yang lebih stabil dan juga berkelanjutan.
Stabilitas dalam sistem keuangan adalah kunci untuk pertumbuhan ekonomi yang baik.
Dengan memastikan masyarakat memiliki pengetahuan yang memadai, OJK berkontribusi pada kestabilan dan perkembangan sistem keuangan di Indonesia.
Nah, itu lah 3 manfaat layanan OJK iDebKu, sekarang kita spill langkah penggunaannya, yuk!
Berikut, 5 Langkah Penggunaan iDebKu by OJK untuk Cek SLIK:
1. Akses Platform iDebKu
Langkah pertama yaitu masuk ke platform layanan OJK.
Kamu dapat mengaksesnya di situs resmi mereka.
Bisa klik link ini!
Pastikan kamu mengakses situs yang resmi dan terpercaya ya!
2. Daftar Akun iDebKu
Selanjutnya, lakukan lah pendaftarkan akun.
Klik “Pendaftaran”, pada proses ini biasanya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa identitas.
Seperti: jenis debitur, kewarganegaraan, jenis identitas, dan nomor KTP.
Kamu juga akan diminta untuk mengisi captcha untuk verifikasi,
Lalu klik “Selanjutnya”.
3. Mengunggah Foto Identitas
Setelah memiliki akun, langkah berikutnya adalah mengunggah beberapa foto identitas yang diperlukan.
Seperti foto kartu KTP, foto diri sendiri dengan kartu KTP, dan foto diri sendiri.
Lalu klik “Selanjutnya”
Jika semua data telah diisi dengan benar klik tombol “Checklist”.
4. Pengajuan Permohonan
Langkah berikutnya adalah mengajukan permohonan cek SLIK.
Klik “Ajukan Permohonan”.
Jika pendaftaran berhasil, akan muncul nomor pendaftaran permohonan pengecekan.
Nomor ini akan dikirim oleh OJK via e-mail paling lambat 1 hari setelah pendaftaran.
5. Proses Pengecekan
Setelah mendapatkan nomor layanan, buka kembali situs iDebKu OJK.
Lalu pilih “Status Layanan”.
Masukanlah nomor layananmu serta isi captcha dengan benar.
Lalu layanan SLIK atas nama yang kamu daftarkan akan muncul.
Itu dia, 5 langkah cek SLIK menggunakan layanan iDebKu OJK.
Dengan menggunakan layanan ini, kamu dapat memiliki pemahaman mengenai dana dan investasi dengan jelas serta melakukan pengecekan SLIK terhadap perorangan dan badan usaha.
PT Osindo Bahagia Bersama menyediakan berbagai macam layanan jasa yang dapat disewa harian sampai bulanan. Tenaga kerja yang kami sediakan tentunya profesional dan berpengalaman di bidangnya! Jangan ragu untuk bekerja sama dengan kami. Klien senang, kami pun senang.
Hubungi kami untuk kerjasama di sini.
Atau kunjungi website kami di osindojabar.id
Ikuti juga kami di Instagram, TikTok,dan YouTube untuk mendapatkan informasi menarik terkait outsourcing hingga lowongan kerja terkini!