outsourcing

Outsourcing atau alih daya dapat memberikan strategi ampuh untuk meningkatkan kinerja perusahaan klien.

 

Alih daya telah menjadi salah satu taktik paling populer yang digunakan oleh perusahaan.

Tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

 

Dengan menggunakan jasa alih daya, klien dapat meningkatkan efektivitas operasional dan mengelola sumber daya dengan lebih efisien.

 

Jika perusahaan membiarkan beberapa pekerjaan operasional kepada pihak ketiga yang kompeten, perusahaan dapat lebih fokus dengan inti tujuan mereka.

 

Mereka dapat meningkatkan produktivitas dan juga memaksimalkan keuntungan.

 

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas strategi outsourcing yang terbukti efektif dalam membantu perusahaan meningkatkan keuntungan mereka

 

 

Ini dia, 6 Cara Outsourcing yang Dapat Meningkatkan Keuntungan Perusahaan:

 

 

1. Mengurangi Beban Biaya Operasional

outsourcing

Salah satu keunggulan paling terlihat dari penggunaan jasa alih daya adalah kemampuannya untuk mengurangi beban biaya operasional bagi perusahaan.

 

Dengan memindahkan sebagian fungsi bisnis kepada pihak ketiga, perusahaan dapat menghindari beberapa biaya.

 

Khususnya untuk beberapa job desc yang sudah dapat ditangani oleh pihak alih daya.

 

Sebagai contoh, perusahaan dapat meminta jasa IT untuk sementara untuk membenarkan sistem IT di perusahaannya.

Tidak perlu mencari pekerja yang harus dikontrak secara full time.

 

Contoh lainnya adalah perusahaan tidak perlu memberikan pelatihan jika menggunakan jasa alih daya.

Karena pekerjanya sudah melakukan pelatihan dan dipastikan berpengalaman.

 

Sehingga akan menghemat tenaga, waktu, serta biaya operasional perusahaan.

 

 

2. Mendapatkan Akses Pekerja yang Besar

outsourcing

Alih daya memungkinkan perusahaan untuk mengakses keahlian khusus yang mungkin saja tidak tersedia di dalam organisasi mereka sendiri.

 

Dengan menggunakan layanan alih daya, perusahaan dapat memiliki pekerja yang berpengalaman dan memiliki keahlian dalam bidang tertentu.

 

Perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan mereka dan mempercepat inovasi.

 

Sebagai contoh, terdapat event di mana perusahaan membutuhkan jasa keamanan atau pun sales.

 

Dengan jasa alih daya, perusahaan dapat mengakses pekerja yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai tugasnya.

 

Gak perlu repot-tepot nyari orang lagi, deh!

 

 

3. Menyesuaikan Kapasitas Operasional dengan Kebutuhan

outsourcing

Alih daya akan memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan kapasitas operasional mereka dengan dengan lebih fleksibel & sesuai kebutuhan.

 

Dengan menggunakan outsourcing yang fleksibel, perusahaan dapat menambah atau mengurangi kapasitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat itu.

 

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk dapat menghindari biaya yang sebetulnya tidak perlu dikeluarkan oleh perusahaan.

 

Sebagai contoh, perusahaan membutuhkan helper, dari 10 orang helper, seiring berjalannya waktu perusahaan hanya membutuhkan 5 helper.

 

Hal ini tidak akan menjadi sebuah masalah karena kapasitasnya bisa disesuaikan dengan permintaan perusahaan.

 

 

4. Fokus pada Inti Bisnis Perusahaan

outsourcing

Dengan bekerja sama dengan alih daya, perusahaan tentunya dapat lebih fokus pada inti bisnis mereka.

 

Hal ini memungkinkan manajemen serta karyawannya untuk dapat menggunakan lebih banyak waktu, sumber daya, dan tenaga untuk meningkatkan beberapa hal.

Seperti pengembangan produk dan peningkatan customer service.

 

Dengan menghindari beberapa tugas yang memakan waktu, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan lebih fokus dengan inti bisnis mereka.

 

 

5. Memanfaatkan Fleksibilitas Tenaga Kerja

outsourcing

Alih daya dapat memungkinkan perusahaan untuk memiliki akses ke tenaga kerja yang lebih fleksibel tanpa harus terikat oleh kontrak jangka panjang.

 

Daripada merekrut karyawan penuh waktu untuk tugas-tugas yang sifatnya sementara, perusahaan dapat menggunakan layanan outsourcing untuk masalah ini.

 

Alih daya dapat membantu perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan biaya yang lebih rendah dan tanpa komitmen jangka panjang.

 

Hal ini memberikan fleksibilitas yang sangat diperlukan dalam mengelola anggaran tenaga kerja dan mengurangi risiko terkait SDM yang kurang kompeten.

 

 

6. Meningkatkan Kepuasan Customer Perusahaan

outsourcing

Dengan menggunakan alih daya untuk fungsi-fungsi seperti layanan pelanggan perusahaan dapat meningkatkan fokus mereka pada kebutuhan serta kepuasan customer.

 

Dengan menggunakan pekerja yang ahli dalam interaksi customer, perusahaan dapat memastikan bahwa customer mendapatkan layanan yang lebih baik dan pengalaman yang lebih memuaskan.

 

Hal ini dapat mengarah pada peningkatan kepuasan pelanggan, reputasi perusahaan yang lebih baik, dan pertumbuhan bisnis jangka panjang.

 

 

Itu dia, 6 strategi outsourcing dalam menguntungkan perusahaan klien!

 

 

Dalam era bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif, outsourcing telah menjadi alat yang sangat efektif bagi perusahaan.

Karena dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan sebagainya.

 

Dengan memanfaatkan potensi jasa alih daya secara maksimal, tentunya perusahaan dapat mencapai keuntungan-keuntungan yang bermanfaat.

 

Namun, penting bagi perusahaan untuk memilih jasa outsourcing dengan hati-hati!

 

Pilihlah perusahaan berpengalaman yang dapat diandalkan dan dapat bekerja sama jangka panjang dengan baik.

 

 

PT Osindo Bahagia Bersama merupakan jasa outsourcing yang telah dipercaya selama lebih dari 10 tahun. Pengalamannya tidak perlu diragukan lagi. Telah banyak klien-klien yang bekerja sama dengan kami. Lagi cari perusahaan outsourcing terbaik? OBB jawabannya!

 

outsourcing

 

Hubungi kami untuk kerjasama di sini.

Atau kunjungi website kami di osindojabar.id

Ikuti juga kami di Instagram, TikTok,dan YouTube untuk mendapatkan informasi menarik terkait outsourcing hingga lowongan kerja terkini!

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.