Outsourcing atau alih daya merupakan penggunaan tenaga kerja yang melibatkan pihak ke-3 untuk mengisi posisi tertentu pada perusahaan klien.
Itulah pengertian outsourcing secara singkat.
Saat ini alih daya sangat berpengaruh pada perusahaan-perusahaan baik yang besar mau pun yang kecil.
Mereka lebih memilih meminta bantuan dari pihak luar untuk melakukan sebagian tugas perusahaan.
Dan ini adalah sesuatu yang umum dilakukan oleh banyak perusahaan di Indonesia saat ini.
Ini dilakukan agar pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efisien serta hemat biaya.
Artikel ini akan membahas apa saja strategi penting yang perlu diterapkan untuk sukses dalam menggunakan jasa alih daya di tempat kerja saat ini.
Berikut adalah 5 Strategi Kunci Keberhasilan Outsourcing di Lingkungan Kerja:
1. Menjadi Solusi untuk Kebutuhan Klien
Hal paling utama yang perlu dilakukan adalah menetapkan tujuan yang jelas untuk menggunakan jasa alih daya.
Perusahaan harus tahu betul alasan mengapa mereka menggunakan alih daya dan apa yang ingin mereka capai melalui hal tersebut.
Sebagai contoh, apakah mereka ingin menghemat biaya, fokus pada inti bisnis, atau mendapatkan bantuan dari profesional di bidang tertentu.
Atau kalau secara simple, ya gak mau ribet aja.
Dengan memiliki tujuan yang jelas, perusahaan akan lebih mudah memutuskan langkah apa yang perlu diambil selanjutnya.
Pada saat ini lah perusahaan penyedia jasa dapat mengetahui apa yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan klien.
Dan tentunya dapat dibantu untuk diselesaikan oleh pihak penyedia jasa.
2. Pilih Outsourcing yang Tepat dan Terpercaya
Pemilihan mitra alih daya yang tepat adalah salah satu langkah yang terpenting dalam penggunaan jasa alih daya.
Karena ini juga akan berpengaruh dengan kesuksesan strategi perusahaan klien.
Perusahaan harus melakukan research dengan teliti untuk menemukan jasa yang cocok untuk bekerja sama.
Hal ini dapat dilihat dari reputasi perusahaan alih daya, pengalaman dalam industri alih daya, serta kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan klien.
Dengan memilih jasa yang terbaik, resiko kegagalan bisa diminimalkan dan peluang kesuksesan pun tentunya akan meningkat.
PT Osindo Bahagia Bersama sendiri adalah perusahaan alih daya yang telah dipercaya selama lebih dari 10 tahun.
Telah banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lainnya.
Dan banyak menyediakan jasa-jasa yang dibutuhkan oleh para calon klien.
3. Komunikasi yang Baik
Selanjutnya adalah komunikasi yang baik.
Komunikasi yang baik antara perusahaan dan jasa alih daya merupakan hal yang sangat penting.
Perusahaan harus menjalin komunikasi yang terbuka dan jujur dengan penyedia jasa selama mereka bekerja sama.
Ini termasuk dengan membuat kontrak yang jelas, menyampaikan ekspetasi yang realistis, dan melakukan follow up mengenai para SDM yang di tempatkan pada perusahaan klien.
Dengan komunikasi yang baik, klien akan merasa perusahaan penyedia jasa tidak lepas tangan tetapi tetap peduli dengan pegawai mau pun klien.
Pada PT Osindo Bahagia Bersama sendiri, jika terdapat masalah dengan SDM kami, klien dapat menyampaikannya.
Lalu akan kami carikan solusi terbaik atas permasalahan tersebut.
4. Mengelola Resiko
Resiko kerap kali menjadi suatu hal yang dapat terjadi secara tiba-tiba.
Dengan mengurus semuanya sendiri, tentunya akan ada waktu, tenaga, serya biaya yang perlu dikorbankan oleh para pemilik usaha.
Untuk pencarian pegawai, interview, pelatihan, serta izin bekerja bagi beberapa posisi tertentu.
Tentunya akan terdapat resiko-resiko seperti pegawai yang tidak sesuai ekspetasi, sulitnya mengurus izin kerja, dan sebagainya.
Namun, hal-hal ini tidak perlu dipikirkan jika kamu menggunakan jasa alih daya.
Semua proses perekrutan, pelatihan, serta izin kerja telah kami sediakan.
Sehingga klien pun akan terhindar dari beberapa resiko hukum seperti tidak memiliki izin kerja.
PT Osindo Bahagia Bersama sendiri telah memiliki izin-izin yang lengkap, beberapanya seperti:
- ISO Quality Management System
- GMP Good Manufacturing Practice Management
- NIB Nomor Induk Berusaha
- Surat Izin POLRI
- Izin Usaha Kebersihan Umum dan Keamanan Swasta
- dan masih banyak lagi
5. Evaluasi Rutin
Terakhir, perusahaan alih daya harus terus mengevaluasi klien-klien mereka dan siap untuk melakukan perubahan jika diperlukan.
PT Osindo Bahagia Bersama sendiri rutin melakukan visit dan refreshing bagi para SDM yang di tempatkan pada klien-klien kami.
Dengan begitu, jika terdapat keluhan akan secara cepat tersampaikan dan ditangani oleh kami.
Klien pun akan merasa terbantu dan merasa diperhatikan dengan adanya evaluasi rutin seperti ini.
Itu dia, 5 strategi outsourcing pada lingkungan kerja saat ini!
Alih daya yang baik dapat membantu perusahaan untuk menghemat biaya operasional, meningkatkan efisiensi, dan tetap bersaing di bisnis yang semakin kompetitif.
Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan strategi ini dan memastikan bahwa strategi ini dapat diterima dengan baik oleh klien dan calon klien.
PT Osindo Bahagia Bersama merupakan perusahaan outsourcing yang profesional, kekeluargaan, dan terbuka. Kami menyediakan banyak jasa dan request jasa sesuai dengan permintaan klien. Soal budget? Bisa dibicarakan dong. Cari outsourcing terpercaya? OBB jawabannya!
Hubungi kami untuk kerjasama di sini.
Atau kunjungi website kami di osindojabar.id
Ikuti juga kami di Instagram, TikTok,dan YouTube untuk mendapatkan informasi menarik terkait outsourcing hingga lowongan kerja terkini!